Saturday, May 29, 2010

Mengganti MAC Address di Windows Seven

Hari ini (untuk membantu seorang teman), saya menginstal perangkat lunak yang saya diaktifkan pada PC yang berbeda tetapi terdapat kegagalan memeriksa alamat MAC. Sebenarnya memeriksa alamat MAC dari lisensi. Tepat setelah itu, saya memulai pencarian online untuk utilitas untuk mengubah alamat MAC di windows 7. Di XP, ada utilitas gratis yang tersedia di internet yang berubah alamat MAC tapi aku tidak bisa menemukan utilitas seperti untuk windows 7.

Berikut adalah metode untuk mengubah alamat MAC di windows 7, Pergi ke Control Panel >>Network and Sharing Center >> Change Adapter Settings. Kemudian klik kanan adaptor alamat MAC yang ingin Anda ubah, pergi ke Properties-nya.



Jendela Properties akan muncul, klik "configure". Klik tab "Advanced" dan pilih "Network Address". Tulis alamat MAC baru dalam kotak di bawah Value.

Harap dicatat bahwa beberapa driver perangkat menyediakan opsi untuk mengubah alamat MAC tapi beberapa tidak. Untuk mengubah MAC seperti adapter yang tidak memiliki pilihan tersebut, Anda akan diminta untuk mengubah dengan registri. Berikut caranya.

Prosedur untuk mengubah alamat MAC melalui registri:

Langkah 1: Klik Start >> Run dan jalankan "regedit" untuk membuka sebuah registry editor.

Langkah 2: Navigasikan sebagai berikut:

[HKEY_LOCAL_MACHINE >> SYSTEM >> CurrentControlSet >> Control >> Class >> (4D36E972-E325-11CE-BFC1-08002BE10318]

Seperti yang ditunjukkan gambar di atas, Anda akan melihat banyak pilihan seperti 000, 001 etc. Di sini Anda harus memilih opsi yang sesuai dengan alamat MAC Anda saat ini. Sebagai contoh, saya MAC saat ini adalah 00-18-8B-BA-DD-55, saya akan memilih 0.018 sejak empat angka pertama HEX dari MAC 00-18. Ketika 0.018 diklik, akan menampilkan beberapa file di sisi kanan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Klik kanan pada "Network Address" dan pilih "Modify ...". Dalam jendela baru yang muncul, tulis MAC baru di bawah Value data.


Klik OK. Nonaktifkan dan kemudian Aktifkan kembali adaptor Anda dan periksa adaptor MAC baru Anda melalui perintah ipconfig, semua untuk dijalankan pada Command prompt. Itu saja!



Sumber: http://www.techskipper.com/computer-hacks/general-os-tips/how-to-change-mac-address-in-windows-7/

 Atau ada cara lain yang belum Saya coba: http://kardono.blog.ugm.ac.id/2010/05/14/mengubah-mac-address-di-windows-7/

6 comments:

  1. bang naufal. belum berhasil. ip depan saya 00-25. trus kan nggak ada yang 0025. dan juga yang 0018 juga nggak ada. tolong bantuannya ya gan

    ReplyDelete
  2. Apa udah dipastiin kalo anda ada di direktori (4D36E972-E325-11CE-BFC1-08002BE10318]???

    Soalnya saya coba di seven temen saya juga bisa n terdapat direktori tersebut.

    ReplyDelete
  3. Ehm....saya sudah coba cara di atas. Ga sampe cara Prosedur untuk mengubah alamat MAC melalui registri, MAC Address saya sudah nerhasil di ganti. Saya menggunakan Windows 7 Ultimate 32 Bit dan 64 Bit semuanya berhasil.

    ReplyDelete
  4. untuk wireless compaq 510 kok ada yg bisa ada yang ga bisa dirubah ya,,, jadi binun,,,,, q pake win7, LAN bisa diruba, tp yang wireles ga bisa,, ada solusi ga bang Naufal???

    ReplyDelete
  5. thanks a lot ......berhasil... ;-)

    ReplyDelete