Wednesday, December 7, 2011

4 Hal yang Penting Dilakukan Saat Mengetahui Kekasih Selingkuh

Anda merasa hubungan dengan kekasih baik-baik saja, tapi tiba-tiba Anda mendapati pesan teks mesra di ponselnya, atau melihat dia bergandengan tangan bersama wanita lain. Kesal, marah dan sakit hati sudah pasti Anda alami saat tahu dia telah berselingkuh.

Tapi, apa yang sebaiknya dilakukan begitu tahu kenyataan menyakitkan itu? Ada empat hal yang sebaiknya Anda lakukan pertama kali begitu tahu perselingkuhan si dia, seperti dilansir She Knows.

1. Tarik Napas Dalam-dalam

Ketika Anda mengetahui bahwa pasangan telah berselingkuh, mungkin Anda akan syok, marah dan kesal. Hal pertama yang harus dilakukan adalah; tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Lakukan ini beberapa kali, cara ini akan membuat Anda lebih tenang, sehingga emosi tidak meledak-ledak dan membuat Anda bertindak gegabah.

Dengan cara ini, Anda juga dapat lebih efektif menghilangkan kepanikan. Menurut Sharon Rivkin, penulis 'Breaking the Argument Cycle: How to Stop Fighting Without Therapy', "Bila Anda tidak bernapas dalam-dalam, otak Anda akan kekurangan oksigen dan membuat Anda mengambil keputusan yang buruk."



2. Hadapilah Dia

Ketika mengetahui bahwa si dia selingkuh, Anda harus menghadapi kenyataan dan menyelesaikan masalah dengannya. Diam saja tidak akan menyelesaikan masalah dan membuat Anda merasa lebih baik, tapi justru bisa memperkeruh seuasana. Langkah paling tepat adalah merunut kembali hubungan Anda dan si dia sebelum perselingkuhannya terbongkar. Siapa Anda, bagaimana Anda mengetahui bahwa si dia selingkuh, seperti apa hubungan Anda dengan si dia, dan sebagainya. Semua itu akan menjadi faktor yang menuntun Anda untuk memutuskan apa yang ingin Anda lakukan setelah Anda telah menemukan bahwa pasangan selingkuh.

"Seluruh dunia Anda hancur berantakan, seperti mengalami bencana alam atau gempa bumi, jadi lakukanlah apa yang naluri Anda katakan. Tapi jangan menghakimi dan jangan keras kepala," tambah Sharon.

3. Berpikir dengan Logika

Meskipun Anda sedang mengalami krisisnya suatu hubungan, kehidupan tetap harus berjalan. Anda tetap harus pergi bekerja, mengerjakan tugas-tugas kantor, hang out bersama teman, dan kegiatan lainnya yang tidak melibatkan sang kekasih.

"Tidak ada yang mudah, merasa kewalahan adalah normal, tetapi jangan biarkan perasaan tersebut mengganggu kehidupan Anda sehari-hari, terutama jika Anda sudah memiliki anak," terang Sharon.

Jika kesedihan dan rasa putus asa sudah tak bisa dibendung lagi, saran Sharon, segeralah cari orang untuk berkeluh kesah. Tumpahkan rasa kesal Anda di depan sahabat atau keluarga yang memahami Anda. Ingat, Anda berada dalam suasana hati yang krisis, jadi lebih baik mencari bantuan sementara.

4. Ajukan Pertanyaan

Setelah Anda dihadapkan dengan masalah perselingkuhan, berjuta pertanyaan pasti akan membanjiri pikiran Anda, seperti; 'Mengapa aku tidak tahu?', 'Mengapa aku tidak percaya intuisi?' atau 'Mengapa ini terjadi?'.

Ajukanlah pertanyaan itu kepada pasangan atau orang yang bersangkutan dengan perselingkuhan. Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut, sedikit banyak bisa membantu menyembuhkan pikiran Anda. Karena pertanyaan dan jawaban dari mereka merupakan langkah pertama untuk mengetahui apa yang terjadi pada hubungan Anda. Sangat penting untuk melihat sejarah bagaimana pola hubungan Anda dengan si dia, kapan memulainya kepercayaan antara satu sama lain, dan kapan mulai memahami satu sama lain.

4 comments:

  1. dan hadapi dengan tenang plus jangan keburu marah :D
    kunjungan balik sob :)

    ReplyDelete
  2. @kata bijak dan motivasi Makasih mas atas kunjungannya, sering2 aja yah berkunjung,,,hehehe


    Semoga selalu bijak dan bermotivasi,, :D

    ReplyDelete
  3. Satu lagi..!!!
    Bersikaplah Dewasa,,,

    Makasih semoga bermanfaat...

    Moga aja Cowokku gak selingkuh amien...

    ReplyDelete
  4. @web desain
    Nah,,betul sekali,,

    Oke saya tambahkan ke blog ini..

    Amin...semoga tidak ada masalah dengan kalian

    ReplyDelete